Untuk Aku, Dikau dan Kita yang (katanya) Mencintai Koperasi

[Departemen Koperasi dan Ekonomi Kreatif]



Oleh: Khozainah Rahmah (2013)

Koperasi? Satu kata dari pendiri negeri ini adalah kata yang sakti bagi kami mahasiwa Institut Koperasi Indonesia pasalnya koperasi merupakan gerakan yang paling ideal dalam kegiatan perekonomian yang mampu menolong dan membangkitkan banyak orang di Indonesia. Tapi siapa sangka di tahun-tahun berikutnya hingga sampailah pada tahun 2016 negeri ini masih menjadikannya sebagai mimpi ideal yang justru kehilangan jiwa. Jika ditanya salah siapa? maka jawabannya aku, dikau dan kita yang mengaku mencintai koperasi hanya lewat lagu mars koperasi.
Ataukah memang benar adanya kita (baca : generasi muda Indonesia) sebagai ahli waris semangat mereka tidak lagi punya nyali menyuarakan semangat juang koperasi?
Baru-baru ini penulis menemukan satu diantara koperasi yang berani menyuarakan suara kebanggan dan layak duduk berdampingan dengan perusahaan sejenis yakni Koperasi Kredit Sejahtera yang sekarang diubah namanya menjadi Koperasi Simpan Pinjam Komunitas Keluarga Sejahtera (KSP KKS) yang berlokasi di daerah Cibinong, Bogor.
Sejak 5 Oktober 1972 atau sudah 43 tahun berdiri dan berdedikasi penuh dalam mengemban tanggungjawab serta loyalitas membangun integritas koperasi sangat begitu kentara pada 15.454 anggotanya. Pendidikan adalah basis utama dalam kontribusi eksistensinya koperasi hingga sekarang. Pemahaman yang baik mengenai koperasi sebagai perusahaan serta sadar akan hak dan kewajiban sebagai anggota koperasi terus ditingkatkan baik pihak koperasi maupun anggota sebagai pemilik dan pelanggan. Bukan hanya itu, peran aktif KSP KKS dikancah wilayah, regional, nasional dan internasional adalah upaya yang seharusnya setiap koperasi lakukan.
Setelah mengetahui peran serta koperasi dalam membantu anggota-anggotanya sudah saatnya generasi yang katanya rindu kesetaraan sosial dan ekonomi harus segera sadar dan menyadarkan bahwa koperasi dan kita adalah satu kesatuan. Jika kau masih berkeinginan membantu lebih banyak orang dan bangunkan mimpi para pendiri negeri ini dengan cara yang membanggakan maka jawabannya adalah :

“Jadilah partner yang hebat untuk koperasi Indonesia!”

Komentar

Postingan Populer