KOPERASI

[Departemen Koperasi dan Ekonomi Kreatif]
Oleh : Vini Pratiwi (2016)


Koperasi......? Mungkin sudah tidak asing lagi mendengarkan kata itu. Namun, apakah kalian tahu apa yang sebenarnya arti dari koperasi itu?
Koperasi adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh orang-orang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Berdasarkan sumber-sumber yang pernah saya baca, koperasi memiliki beberapa prinsip dalam menjalankan organisasinya. Yakni keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka, pengelolaan demokratis, partisipasi anggota dalam ekonomi, kebebasan dan otonomi dan pengembangan pendidikan, pelatihan dan informasi.
                Bagi orang-orang yang masih awam, mungkin koperasi identik dengan uang ataupun Bank. Padahal sesungguhnya lebih dari itu, koperasi juga salah satu peran dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Selain itu, koperasi juga mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar. Tujuan koperasi juga untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Tujuan ini yang membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya. Karena, secara umum badan usaha lainnya hanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Bukannya untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
                Namun, menurut saya perkembangan koperasi di Indonesia juga kurang baik. Karena banyak yang kurang memahami mengenai koperasi. Sehingga tingkat partisipasi anggota koperasi rendah karena sosialisasi yang kurang optimal. Masyarakat yang menjadi anggota hanya sebatas tahu koperasi itu hanya untuk melayani konsumen seperti biasa, baik untuk barang konsumsi atau pinjaman. Artinya masyarakat belum tahu esensi dari koperasi itu sendiri baik itu dari sistem permodalan maupun sistem kepemilikannya. Mereka belum memahami betul bahwa dalam koperasi  mereka juga berarti pemilik dan mereka berhak berpartisipasi menyumbangkan saran demi kemajuan koperasi miliknya serta berhak mengawasi kinerja pengurus. Keadaan seperti ini tentu sangat rentan terhadap penyelewengan dana oleh pengurus, karena tanpa partisipasi anggota tidak ada kontrol dari anggota sendiri terhadap pengurus.
                Selain itu belum ada kesadaran dari semua pihak untuk menumbuh kembangkan koperasi, sehingga menyebabkan koperasi belum bisa memberikan kontribusi yang besar. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang koperasi, kekurangan modal, dan cara pengelolaan yang tidak baik juga merupakan salah satu penyebab mengapa koperasi di Indonesia kurang berkembang. Meskipun koperasi memiliki manfaat yang besar dalam perekonomian di Indonesia, koperasi belum menunjukkan perkembangan yang pesat. Hal ini dapat tercermin dari kurangnya kesadaran anggota koperasi itu sendiri dalam pengelolaan koperasi, misalnya pengelolaan yang tidak demokratis, ketidakjujuran pengurus serta kurangnya kesadaran untuk memenuhi kewajiban. Padahal, perkembangan koperasi tergantung pada partisipasi aktif dari para anggota koperasi.
                Selain itu, kurangnya modal juga merupakan salah satu penghambat tumbuh dan berkembangnya koperasi. Dalam hal ini, pemerintah memiliki andil yang besar sebab selama ini modal koperasi diperoleh dari modal sendiri. Dalam memajukan perkoperasian Indonesia, sebaiknya pemerintah memberikan dukungan dalam penyertaan modal koperasi. Hal ini penting, karena modal tersebut akan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperluas kemampuan dalam rangka menjalankan kegiatan usaha koperasi, terutama untuk usaha-usaha yang memerlukan proses jangka panjang.
                Walaupun hal tersebut diatas, namun selama ini koperasi di Indonesia juga sudah cukup membantu. Koperasi memudahkan para anggota memperoleh modal usaha, keuntungan (SHU) juga dibagikan setiap akhir tahun berdasar besarnya jasa masing-masing anggota. Maka dari itu, kita sebagai generasi bangsa harus bisa memberikan banyak manfaat bagi Indonesia, khususnya bisa membawa Indonesia dalam perekonomiannya maju dan sejahtera.
                Jadi kesimpulannya dari artikel yang saya buat ini, bahwa pentingnya koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia maupun kesejahteraan di seluruh negara ini.

Komentar

Postingan Populer