NEWS LETTER BEM

Haloo teman-teman semua yang masih suka mampir ke blog kitaa.. Hari ini adalah jadwal mempublikasikan kinerja yang telah dilakukan oleh BEM KM IKOPIN Kabinet RAksa Karya selama 2 Bulan kebelakang. Nahh apa saja ini yang BEM telah lakukan selama 2 bulan terakhir ini.. yukk kita lihat!!

Kesekretariatan

              Siapa yg suka bawel kalo udah berurusan sama proposal, uang, dan surat memang kita pasti selalu dlibitkan dengan hal tersebut. Program Kerja yg telah dilaksanakan oleh Kesekretariatan adalah Forum Sekertaris dan Bendahara. Maksudnya apa yaitu mengadakan pertemuan antara seluruh Sekretaris dan Bendahara dari setiap Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Komunitas untuk membahas format-format kesekretariatan dan keuangan, lalu diskusi dan sharin mengenai kesekretariatan dan keuangan. Dilaksanakan pada :

Hari/tanggal      : Jumat, 24 April 2020
Waktu                : 09.00 WIB s/d 11.00 WIB
Tempat              : Zoom meeting

Tujuan dari kegiatan ini adalah menyesuaikan format-format kesekretariatan dan keuangan yang ada di Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa dan Komunitas. Jelas ini dituju untuk seluruh Sekretaris dan Bendahara dari setiap Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Komunitas.

#proposalacc #uangudahcair #suratudahdikirim

Departemen Luar Kampus

Kewajiban yg telah kita lakukan selama 2 bulan terakhir, yaitu :

            1. Ngopi susu “ngolah pikir isu-isu”

Melakukan kajian/diskusi dengan Mahasiswa Ikopin mengenai isu yang berkembang di masyarakat, mendiskusikan tentang semua pendapat yang dilontarkan serta mengerucutkan akar permasalahan sehingga menghasilkan solusi atau rencana aksi.

Tempat             : Kampus IKOPIN ( Ruang positif )
Waktu              : Pukul 14:00 s/d 16:30
Hari/tanggal     : Sabtu, 14 maret 2020

Tujuannya adalah memberikan dampak yang baik kepada mahasiswa ikopin terkait pemahaman tentang isu-isu yang beredar di masyarakat.

 2. Konsolidasi

        Melakukan kunjungan atau ikut andil dalam setiap acara yang di adakan kampus lain khususnya oleh BEM SI.

Tempat                  : Kampus STIE EKUITAS Bandung
Waktu                    : Pukul 20:00 s/d 00:00
Hari/tanggal          : Senin, 9 Maret 2020

        Dari mulai awal bulan april konsolidasi secara daring. Tujuannya yaitu menambah relasi dan jejaring yang bisa memberikan dampak bagi kampus IKOPIN.

3. Kajian dalam dan luar kampus (BEM)

        Melakukan kajian baik internal bem maupun di luar bem (dengan kampus lain) untuk membahas topik-topik vital.

        Tempat              : Kampus ikopin, Unpad, Daring
        Hari/tanggal      : Kamis, 27 februari 2020 (unpad)

        Dari awal bulan april kajian secara daring baik internal maupun eksternal. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendiskusikan beberapa hal urgensi dan memikirkan solusi-solusi terbaik untuk penyelesaian masalahnya.

              Berikutnya adalah Program Kerja yg telah kita laksanakan, yaitu :

      1. Kastrat LAB

        Kastrat Lab adalah Suatu Informasi yang sedang berkembang terlebih berkaitan dengan isu di Indonesia maupun Luar negeri, yang memang sedang menjadi pembicaraan khalayak umum dan telah dikaji terlebih dahulu oleh departemen luar kampus sehingga menghasilkan output informasi yang actual dan dapat dicerna oleh kalangan umum.

Tempat                   : Media social BEM KM IKOPIN
Waktu                    : Minimal satu informasi tersampaikan dalam satu bulan, maksimal sebanyak-banyaknya informasi yang tersampaikan dalam satu bulan.
Hari/tanggal            : Kastrat LAB 1 pada tanggal 23 maret 2020
                                   Kastrat LAB 2 pada tanggal 7 april 2020

        Tujuan adanya Kasrat Lab ini adalah memberikan informasi terkait yang sedang berkembang di masyarakat guna menjadi sara edukasi.

Departemen Sosial Masyarakat dan Lingkungan

              Ini adalah beberapa kewajiban yg telah dilaksanakan oleh Departemen Sosial Masyarakat dan Lingkungan, yaitu :

1.     POSTING PRAY FOR RANCAEKEK DAN SEKITARNYA

Hari/ Tanggal          :  Jumat, 28 February 2020

Waktu                    : Malam Jumat

Tempat                   : di wilayah Jatinangor, Rancaekek, Dan Cicalengka

Untuk mempublikasikan suatu bencana kepada masyarakat khususnya  mahasiswa ikopin melalui Instagram BEM KM IKOPIN, sebagai salah satu himbauan untuk mengetahui bahwa sodara kita ada yang terkena musibah/bencana. Tujuannya untuk memberikan Informasi kepada Masyarakat khusunya mahasiswa ikopin

2.     DOREMI (Donor Darah Mahasiswa/I IKOPIN)

Hari/ tanggal           : Kamis, 12 Maret 2020

Waktu                    : 09:00 – 13:00 WIB

Tempat                   : Kampus IKOPIN

Donor darah mahasiswa/i IKOPIN dimana kegiatan tersebut melibatkan semua civitas akademika IKOPIN dan bekerja sama dengan KSR IKOPIN. Tujuannya untuk mewujudkan sikap peduli dan sukarela dalam membantu sesama dan membantu penyediaan stock PMI

3.     POSTING MEMPERINGATI HARI BUMI

Hari/ tanggal           : Rabu, 22 April 2020

Tempat                   : Instagram BEM KM IKOPIN

Setiap tanggal 22 april diperingati sebagai hari bumi. Dimana bumi ini adalah sebagai tempat kita tinggal, maka dari itu kita harus memiliki tekad untuk lebih       peduli dengan lingkungan sekitar kita demi menjaga bumi ini. Tujuannya untuk memberikan Informasi kepada mahasiswa/I IKOPIN tentang peringatan adanya Hari Bumi ini.

4.     MEMPOSTING INFORMASI MENGENAI PHBD

Hari/ tanggal           : Rabu, 15 maret 2020

Waktu                    : 10.00 WIB

Tempat                   : Instagram BEM KM IKOPIN

PHBD merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang di lakukan oleh mahasiswa melalui Lembaga Kemahasiswaan (LKM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Yang di harapkan mampu menumbuhkan rasa peduli berkontribusi kepada masyarakay di desa agar terbangun desa binaan yang aktif , mandiri, berwirausaha dan sejahtera. Tujuannya untuk memberikan Informasi kepada mahasiswa/i IKOPIN mengenai PHBD supaya bisa ikut terjun langsung mengenai desa binaan.

5.     POSTING PEMBERITAHUAN ADANYA BENCANA ALAM ERUPSI GUNUNG BERAPI

Hari/ tanggal           : Sabtu, 11 April 2020

Tempat                   : Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Anak Krakatau, Gunung Kerinci

Mempublikasikan kepada mahasiswa mahasiswi IKOPIN tentang adanya bencana alam yang terjadi di Indonesia serta untuk memberikan himbauan bahwa saudara kita sedang mengalami musibah bencana alam. Tujuannya memberikan informasi kepada mahasiswa dan mahasiswi IKOPIN tentang adanya bencana alam yang terjadi di Indonesia.

6.     MEMPOSTING TENTANG SOCIAL DISTANCING

Hari/ tanggal           : Senin, 23 Maret 2020

Tempat                   : Instagram BEM KM IKOPIN

Memghimbau kepada mahaswa/I IKOPIN mengenai adanya suatu Gerakan dari     pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 yaitu dengan memberlakukan social distancing bagi masyarakat indonesia. Tujuannya memberikan informasi mengenai apa itu social distancing untuk tidak   mengadakan pertemuan atau perkumpulan social yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak .

Adapun kewajiban kita yg sangat identik dengan departemen kita yaitu ITAGANA
Apa itu ITAGANA? Itagana adalah kegiatan mengumpulkan dana untuk kegiatan sosial. Khususnya apabila ada bencana yang terjadi Serta kegiatan yang berbentuk kepedulian terhadap sesama. Diadakannya Baksos bertujuan untuk meminta sumbangan atau donasi kepada mahasiswa ikopin , yang dimana hasilnya nanti akan digunakan untuk kegiatan sosial. Tujuannya membantu masyarakat yang terkena bencana atau musibah dan membantu masyarakat yang kurang mampu. Dituju  untuk masyarakat yang terkena bencana atau musibah. Yg sudah kita laksanakan di beberapa tempat yaitu :

7.     PENGGALANGAN DANA (ITAGANA)

Hari/ tanggal           : Senin, 02 maret 2020

Tempat                   : Kampus IKOPIN

8.     PENYALURAN  DONASI KORBAN BANJIR (ITAGANA)

Hari/ tanggal           : Selasa, 03 Maret 2020

Waktu                    : 20:00 wib

Tempat                   : Desa Cikeruh

9.     PENYALURAN DONASI AKSI PEDULI COVID-19 (ITAGANA)

Hari/ tanggal           : Jum’at, 17 April 2020

Waktu                    : 14:00 Wib

Tempat                   : Rumah Sakit AMC

Dituju                    : Untuk Bantuan Tenaga Medis di RS dan untuk Mengantisipasi Masyarakat yang Terkena Virus Covid-19

Departemen Dalam Kampus

              Program kerja yg telah dilaksanakan departemen dalam kampus yaitu :

                1. Rapat Kerja UKM dan Komunitas

                Hari/Tgl            : Jumat, 7 Maret 2020

                Tempat             : Training Center IKOPIN

Berkoordinasi dengan UKM dan Komunitas untuk menindaklanjuti program kerja dari UKM dan Komunitas yang sudah direncanakan untuk 1 periode kedepan. Adapun tujuannya mengetahui program kerja UKM dan Komunitas, memberikan aspirasi secara langsung agar program kerja yang akan dijalankan tetap mengarah kepada visi setiap UKM dan Komunitas.

Departemen Media Komunikasi dan Informasi

            Halooo semuaa,, buat kalian para admin yg suka dipanggil min salken nii kita admin dari BEM KM IKOPIN Kabinet Raksa Karya. Langsung aja ni Program Kerja yg telah kita laksanakan yaitu :

        1.     Podcast BEM KM IKOPIN

BIMA (Bincang Mahasiswa IKOPIN) itu adalah nama podcast kita. Tujuan adanya BIMA Podcast ini untuk memberikan pengalaman dan motivasi  kepada para viewers lewat talkshow yang disampaikan oleh narasumber. Sasaran utama kita adalah Mahasiswa/i IKOPIN, umumnya netizen-netizen kita yg selalu benar. Kita publikasikan pdcast ini di media sosial itu pada hari Kamis, 16 April 2020.

Nahh buat yg belum mampir buat dengerin podcast kita yukk mampir yukk ke channel youtube kita BEM IKOPIN.

 2.     News Letter BEM

Yaa news letter BEM adalah proker kita merupakan bentuk pemberian informasi tentang program kerja BEM selama kurun waktu 2 Bulan. Tujuannya agar mahasiswa/i IKOPIN mengetahui kinerja BEM, dan dapat memberikan kritik dan saran melalui laman yang akan disediakan untuk kinerja BEM selanjutnya. Dilaksanakan pada hari ini hehe Jumat, 8 Mei 2020.

            Adapun beberapa kewajiban yg telah kita laksanakan yaitu :

        1.     Mengelola semua akun media sosial BEM KM IKOPIN

Tujuannya memberikan berbagai informasi terkait BEM KM IKOPIN atau isu-isu yang tengah ramai diperbincangkan baik politik, pemerintahan, pendidikan, ekonomi, dsb.

#tetapproduktif #HUHA #haloadmin

Departemen Ekonomi dan Koperasi

              Berikut adalah beberapa informasi yg kita sebar luaskan seputar KKB IKOPIN, yaitu :

            1. Informasi mengenai Undangan RAT KKB IKOPIN XXXVI

                Hari/Tgl            : Jumat, 27 Februari 2020

                Tempat              : Media sosial BEM (instagram)

             Ditujukan untuk anggota KKB IKOPIN 

            2. Informasi mengenai SHU Anggota 2019

                 Hari/Tgl            : Selasa, 3 Maret 2020

                 Tempat              : Media sosial BEM (instagram)

             Ditujukan untuk anggota KKB IKOPIN.

            Selain itu kita pun memberi informasi atau berita terkait dengan Ekonomi dan Koperasi, yaitu:

            1.     Dampak covid-19 terhadap perekonomian Indonesia dimulai dari hari Senin, 30 Maret 2020 di Media sosial BEM yaitu Instagram untuk informasi ini masih berjalan yg suka ngikutin informasi-informasi terbaru di instagram BEM pasti mengetahuinya terakhir itu pada hari Selasa, 28 April 2020.

            2.     Koperasi memproduksi masker pada hari Jumat, 3 April 2020.

Dan kita mengikuti kajian Mengikuti kajian online dengan moderator putri Tanjung dan narasumber Bapak Teten Masduki selaku menteri Koperasi dan UMKM melalui media IG dengan tema "Tangkal Serangan Covid19 ala UMKM". Pada hari Kamis, 26 Maret 2020.

#KoperasiKeren #UntukEkonomiIndonesia

Departemen Pengembangan Sumber Daya Organisasi

              Adapun kewajiban yg sudah dilaksanakan dari Departemen PSDO, yaitu :

            1. Road To Departemen

                Tujuan dari Road to Departemen ini adalah untuk mengetahui kondisi-kondisi SDM, permasalahan serta perkembangan yg ada dalam departemen tersebut. Dilaksanakan 2 minggu sekali setiap departemen ke departemen yg lain. Ditujukkan untuk siapa ini ya pasti untuk pengurus BEM KM IKOPIN Kabinet Raksa Karya. 

                2. Pertemuan Pertama Staff Muda

            Tujuannya untuk mempererat silaturahmi.

                Hari/Tgl            : Kamis, 30 April 2020

                Tempat              : Zoom Meeting

            Ditujukan untuk Staff Muda BEM KM IKOPIN Kabinet Raksa Karya.

Departemen Pendidikan

Kerjasama dengan institut yaitu mempublikasikan informasi-informasi terbaru mengenai kegiatan yg berhubungan dengan departemen pendidikan kepada seluruh mahasiswa/i IKOPIN. Antara lain: 

1. Informasi mengenai LKTI

            Hari/Tgl            : Senin, 9 Maret 2020

            Tempat              : Media sosial BEM (instagram)

2. Informasi mengenai NUDC

            Hari/Tgl            : Selasa, 10 Maret 2020

            Tempat              : Media sosial BEM (instagram)

 3. Informasi mengenai KDMI

            Hari/Tgl            : Selasa, 10 Maret 2020 di

            Tempat              : Media sosial BEM (instagram)

4. Informasi mengenai Jadwal UTS dari setiap Prodi

            Hari/Tgl            : Jumat, 27 Maret 2020

            Tempat              : Media sosial BEM (instagram)

5. Informasi mengenai surat edaran Pimpinan Program Studi S1 Akuntansi

            Hari/Tgl            : Sabtu, 28 Maret 2020

            Tempat             : Media sosial BEM (instagram)

6. Informasi mengenai beasiswa Bank Indonesia

            Hari/Tgl            : Selasa, 7 April 2020

            Tempat             : Media sosial BEM (instagram)

7. Informasi mengenai timeline pendaftaran beasiswa Bank Indonesia

            Hari/Tgl            : Selasa, 14 April 2020

            Tempat             : Media sosial BEM (instagram)


    Nahh teman-teman setelah mengetahui kinerja BEM selam 2 bulan terakhir, kalian bisa memberikan saran atupun kritik melalui email kita Inetbemikopin@gmail.com. Oke makasiii teman-teman yang sudah mampir di blog kitaa, terimakasih atas kunjunganya.. Jangan bosen sering-sering mampir ke blog kami yaaa

 


Komentar

Postingan Populer