Pengaruh COVID-19 Terhadap Perekonomian Inonesia Edisi #2

Temen-teman yang suka mengikuti informasi yang sering kita sampaikan nihh kita punya lanjutan pembahasan tentang "Pengaruh COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia Edisi #2".

Edisi #2 
Dibawah ini adalah beberapa lanjutan dampak COVID-19 antara lain :

PENERBANGAN
Nilai potensi kerugian dari sejumlah penerbangan yang terdampak dari meluasnya wabah virus corona mencapai Rp207 miliar, baik Internasional maupun domestik senilai dengan kisaran rata-rata sekitar sekitar Rp100 miliar per bulan.
Berdasarkan data PT Angkasa Pura (AP) I pada Januari-Februari 2020, total ada sekitar 12.703 penerbangan yang harus dibatalkan dari 15 bandara. Rinciannya, sebanyak 11.680 penerbangan domestik dan sisanya 1.023 penerbangan International.
Angka tersebut belum termasuk dengan proyeksi penundaan ibadah umrah yang akan menambah beban kerugian bagi perseroan. Jemaah umrah yang terbang melalui bandara AP I kelola sekitar 90 penerbangan per bulan.
Penurunan pergerakan pesawat di rute Internasional sebagai dampak dari upaya global dalam mencegah penyebaran virus corona.  Adapun, Bandara Soekarno - Hatta merupakan bandara yang mengalami dampak terparah dari wabah virus corona dibandingkan dengan bandara lain yang dikelola perseroan.

INVESTASI
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah mengalami penurunan hingga 21,3 persen pada awal tahun. 
Namun sekarang IHSG sudah menguat kembali pada tanggal 26 Maret 2020, ditutup menguat lebih dari 10 persen, sehingga kembali naik di atas level psikologis 4.000 poin.
IHSG ditutup menguat 401,27 poin atau 10,19 persen ke posisi 4.338,9. Indeks kembali ke level 4.000 setelah terpojok ke level 3.937,63 pada penutupan sebelumnya
Dari seluruh emiten yang tercatat di BEI, 300 emiten ditutup menguat dibandingkan penutupan hari sebelumnya. Sementara itu, 129 emiten  tercatat mengalami penurunan valuasi dan 115 emiten lainnya tak berubah.


MEETING, INCENTIVE, CONFERENCE & EXHIBITION (MICE)
Sejumlah konser musik dan pertemuan skala internasional di Tanah Air juga telah dibatalkan. Konser musik yang dibatalkan antara lain 98 Degrees. Grup vokal asal Amerika Serikat, 98 Degrees batal tampil di Love Fest 2020 lantaran penyebaran virus corona yang makin tak terkendali.
Perhelatan ajang balap mobil ramah lingkungan Formula E di kawasan Monas pada 6 Juni 2020 juga resmi ditunda akibat perkembangan kasus virus corona yang saat ini terjadi khususnya di kawasan Jakarta.
Masih banyak lagi konser musik ataupun ajang olahraga hingga pertemuan yang ditunda untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang kian masif.

Cukup sekian teman-teman untuk Edisi #2 tentang Pengaruh COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Terimakasih atas kunjungannya, sampai bertemu lagi dilain kesempatan. Besok mampir lagi yaahh.. Jangan Bosen!:)

Komentar

Postingan Populer